Kuliah Pakar 2014

Jember, 13 September 2014

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember kembali mengadakan kegiatan ilmiah bidang akademik bertajuk Peningkatan kualitas keilmuan keperawatan melalui program kuliah pakar keperawatan 2014. Kegiatan ini merupakan bagian rangkaian kegiatan yang didanai oleh BOPTN Universitas Jember 2014. Kegiatan kuliah pakar ini merupakan salah satu kegiatan ilmiah dalam rangka peningkatan kualitas keilmuan keperawatan yang diharapkan mampu meningkatkan iklim dan atmosfir akademis bagi seluruh civitas akademika PSIK Univ Jember.

Kegiatan Kuliah Pakar Keperawatan 2014 ini, berlangsung pada hari Sabtu tanggal 13 september 2014, bertempat di aula lantai III Gedung Mas Soerachman Universitas Jember. Kuliah pakar keperawatan 2014 ini mengangkat tema “Pengembangan profesionalisme keperawatan melalui pemanfaatan riset kualitatif pada kawasan agricultural”. Tema ini secara khusus diangkat sebagai bagian upaya untuk mencapai visi PSIK universitas Jember dan visi Universitas Jember  pada umumnya. Tema ini relevan dengan latar belakang bahwasanya kemajuan keilmuan keperawatan bertumpu pada komponen pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Unsur penelitian sebagai bagian dari tridharma PT memegang posisi yang strategis. Oleh sebab itu pemanfaatan hasil penelitian sebagai evidence based praktik dan pengembangan ilmu keperawatan harus terus dikembangkan, sehingga stimulasi sense of research perlu di tumbuhkan pada diri mahasiswa sedini mungkin.

Adapun Pakar keperawatan yang diundang dalam program kuliah pakar ini adalah Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (HONS) yang  menyampaikan paparan materi dengan judul Penguatan profesionalisme keperawatan dalam mencapai target MDGs. Sedangkan pakar keperawatan kedua adalah Setiawan, S.Kp., M.SN, P.hD dengan paparan berjudul Metodologi Riset Kualitatif dan Pemanfaatan Hasilnya pada Area Keperawatan Agricultural.

Disampaikan oleh Ketua PIC Kuliah Pakar Keperawatan, Ns. Nurfika Asmaningrum .M.Kep., program kuliah pakar keperawatan PSIK Universitas Jember ini berjalan dengan sukses dan lancar dengan diiikuti oleh civitas akademika PSIK Unej baik dosen maupun mahasiswa dari perwakilan tiap angkatan mulai angkatan 2010 hingga 2014, baik kelas regular maupun alih jenis.

Leave a Reply