D3 KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER MENERIMA MAHASISWA BARU MELALUI SBMPTBR 2017/2018 (Gelombang II)

SBMPTBR atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se-Besuki Raya adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi dengan ujian tertulis yang diselenggarakan atas kerja sama Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta di Se-Besuki Raya. Sebanyak 49 (empat puluh sembilan) Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang berada di wilayah Eks Karisidenan Besuki, Probolinggo, dan Lumajang ini tergabung dalam Forum Silahturrahim PTN-PTS Se-Besuki Raya.

Awal mula pelaksanaan SBMPTBR adalah Ujian Mandiri (tulis) yang dilaksanakan oleh Universitas Jember setelah diadakannya seleksi mahasiswa baru secara nasional yaitu SNMPTN dan SBMPTN . Dan Ujian Mandiri (UM) dilakukan rutin setiap tahunnya dengan peserta yang sebagian besar berdomisili disekitar eks-karesidenan Besuki, Probolinggo dan Lumajang. Dengan berpengalaman dari Ujian Mandiri, Universitas Jember melalui Forum Silaturrahim PTN-PTS se-Besuki Raya mencoba melaksanakan seleksi sendiri dengan memanfaatkan lokasi atau kota terdekat.

Tujuan dari pelaksanaan SBMPTBR adalah mencari calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan kuliah di Perguruan Tinggi dangan baik dan memberikan peluang bagi calon peserta untuk memilih beberapa Perguruan Tinggi di kabupaten kota dalam wilayah Eks-Karesidenan Besuki. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dibuat oleh tim dari Universitas Jember dengan sasaran peserta yang akan menempuh Program Sarjana dan Program Diploma. Peserta bisa memilih kelompok ujian yang ada yaitu  Sains Teknologi dan Humaniora

Khusus D3 Keperawatan adalah di kampus III Lumajang tahun ini bisa menerima mahasiswa baru setelah AKPER PEMDA Lumajang secara resmi bergabung dengan Universitas Jember.

Maka bagi adik adik yang belum lolos dalam SBMPTBR gelombang I bisa mengikuti SBMPTBR gelombang II dan tahun ini D3 Keperawatan Universitas Jember akan menerima 120 mahasiswa.

Adapun cara pendaftaran dll sama seperti SBMPTBR gelombang I

 

 

 

Leave a Reply