Teliti tentang Penderita Kusta di Jember, mahasiswa PSIK Lolos dalam Seleksi PKM-P

Universitas Jember, 10 Juli 2017

Sebanyak tiga puluh lima proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNEJ memperoleh bantuan pendanaan dari Kemenristekdikti tahun ini. Dari total 35 proposal yang didanai Kemristektidikti, sebanyak 23 proposal mahasiswa tersebut di bidang penelitian (PKM-P). Sedangkan proposal PKM-Kewirausahaan (PKM-K) sebanyak 2 proposal, PKM-Karya Cipta (PKM-KC) sebanyak 5 proposal, PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) sebanyak 4 proposal, dan PKM-Penelitian Sosiohumaniora sebanyak 1 proposal.

Dari 24 proposal PKM bidang penelitian, salah satunya berasal dari tim mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember (PSIK UNEJ) bersinergi dengan mahasiswa Fakultas Teknik UNEJ. Tim tersebut diketuai oleh Ika Adelia Susanti (PSIK’14) dengan anggota Nilam Ganung Permata Mahardita (PSIK’14), Rizky Alvianto (FT’14), dan I Made Ivan Wiyarta Cakra Sujana (FT’15). Tim ini mengangkat judul “Hubungan Stigma Masyarakat dengan Kepatuhan Minum Obat dan Motivasi Sembuh pada Pasien Kusta di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember”. Hal ini disebabkan angka prevalensi di Indonesia cukup semprehatinkan sehingga mahasiswa mengambil judul tersebut.

Tujuan dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu menganalisa hubungan stigma masyarakat dengan kepatuhan minum obat dan motivasi sembuh pasien kusta di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Kecamatan Jenggawah merupakan salah satu kecamatan yang memiliki jumlah kasus kusta tinggi yang berada di Kabupaten Jember. Responden yang digunakan dalam penelitian berjumlah 35 klien yang diambil dari 2 puskesmas yang berada di Kecamatan Jenggawah yaitu Puskesmas Jenggawah dan Puskesmas Kemuningsari Kidul. Penelitian dilaksanakan oleh mahasiswa yang dimulai pada bulan April-Juni 2017. Ketika melakukan penelitian mahasiswa didampingi oleh pihak puskesmas untuk menunjukkan lokasi rumah setiap klien karena metode yang digunakan oleh mahasiswa yaitu pengambilan data dari rumah ke rumah (door to door). Selain hal tersebut, tempat tinggal dan akses klien kusta di Kecamatan Jenggawah sangat menyebar di semua wilayah. Hal ini yang menjadi salah satu kendala mahasiswa dalam melakukan pengumpulan data.

Sejak bulan Mei 2017 mahasiswa mulai melakukan analisa data penelitian yang telah didapatkan. Hasil yang didapatkan oleh mahasiswa yaitu tidak terdapat hubungan secara signifikan antara stigma masyarakat dengan kepatuhan minum obat dan motivasi sembuh pasien kusta di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Hal ini menunjukkan bahwa upaya promosi kesehatan yang dilakukan di Kecamatan Jenggawah sudah berjalan baik dan terdapat peningkatan kesadaran di masyarakat bahwa pasien kusta membutuhkan dukungan dari keluarga atau masyarakat sekitar. Hal yang menarik yang dapat ditemukan oleh mahasiswa bahwa jenis kusta mempengaruhi motivasi sembuh pada pasien kusta dan lama mengalami kusta dapat mempengaruhi kepatuhan minum obat pasien kusta dalam melaksanakan pengobatannya secara teratur. Hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa disampaikan dalam Seminar Hasil di Puskesmas Jenggawah dengan mengundang pihak puskesmas jenggawah dan Kemuningsari Kidul pada tanggal 10 Juni 2017.

Mahasiswa mulai melakukan publikasi secara ilmiah pada jurnal internasional pada bulan Mei-Juni 2017. Dalam waktu 1-2 bulan publikasi ilmiah akan segera terbit  pada jurnal Elsevier-Journal of Taibah University Medical Sciences. Jurnal ini merupakan salah satu jurnal yang terindeks scopus yang berasal dari Netherlands Belanda

 

 

Link Journal of Taibah University Medical Sciences

https://www.scopus.com/sourceid/19700188101

http://www.scimagojr.com/journalsearch.php?q=19700188101&tip=sid&clean=0

Leave a Reply