SELANGKAH LAGI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER (PSIK) MENJADI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER

  
 Jember, 17 Pebruari 2017, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember mendapatkan giliran Kedua untuk divisitasi lapang setelah Program Studi Ilmu Komputer, yang dilaksanakan  pada tanggal 17-18 Pebruari 2017. Kegiatan berlangsung selama dua hari, tim dari visitasi lapang Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai nara sumber: Ibu Salhefni, Bpk. Sudrajat, Bpk. Lipur Sugiyana dan bertindak sebagai Pembahas adalah : Bpk. Andrian Kususma dan Bpk. Widodo sedangkan Sekretariat di komendani oleh : Bpk. Hafid Fahrudin, Ibu Dwi Hanggraheni dan Bpk. Marwanto. Tujuan visitasi lapang ini dilaksanakan untuk memverifkasi naskah akademik  apakah hasil penulisan dari naskah akademik sudah sesuai dengan kententuan yang tertuang Permendikbud Nomor 139 Tahun 2014.

  Ada sebelas komponen yang perlu disiapkan  sesuai dengan keadaan lapangan, Jumlah Program Studi, Jumlah Mahasiswa, Jumlah Tenaga Pendidik yang bersertifakat pendidik (dosen), Jumlah Tenaga Kependidikan ( Administrasi, Teknisi, Laboran,dll)  Data Anggaran 3 tahun terakhir, Jumlah Kegiatan Penelitian Dosen, Jumlah Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berserta dokemntasinya, Kegiatan Kerjasama baik dalam negeri atau luar negeri, Jumlah Luas tanah dan Gedung, Sistem Informasi (KBPS) . Tim Visitasi lapang sangat optimis atas hasil yang di dapatkan karena hanya ada beberapa yang harus di revisi oleh PSIK, seperti Jumlah Dosen sudah sesuai dengan rasio dan jumlah tenaga kependidikan harus dijelaskan berepa staf admin, berapa Teknisinya dan diberikan waktu dua minggu untuk memperbaiki naskah akademik,

 Ibu Salhefni sebagai ketua tim menjelaskan : Fakultas dan Jurusan merupakan bagian/unit dari Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Perguruan Tinggi Negeri. OTK ditetapkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setelah mendapat persetujuan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, sehingga Fakultas dan Jurusan didirikan dengan Peraturan Menteri.  

Sedangkan untuk pendirian Fakultas dan Jurusan pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum disusun oleh masing-masing Perguruan Tinggi Badan Hukum. Fakultas dan Jurusan didirikan dengan Peraturan Rektor.

 
Sedangkan Usulan  Pendirian Fakultas dan Jurusan diusulkan berdasarkan beban kerja yang dimiliki yaitu beban kerja program studi/beberapa program studi dengan jumlah mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, sarana prasarana, dan aktifitas pembelajaran yang tinggi. Sehingga dibutuhkan penyelenggaraan dan pengelolaan yang mandiri.

Sedangkan Persyaratan apa saja yang harus disiapkan dalam mengajukan usul pendirian Fakultas dan Jurusan mengajukan usul kepada Menristekdikti dilampiri dengan :

  1. Naskah Akademik sesuai sistematika, yang memuat latar belakang, tujuan, kedaan saat ini (kelembagaan Fakultas/Jurusan dimana program studi saat ini bernaung, sumber daya manusia yang dimiliki untuk calon Fakultas dan Jurusan, sarana prasarana yang dimiliki untuk calon Fakultas dan Jurusan, anggaran yang dimiliki untuk calon Fakultas dan Jurusan, dan permasalahan), rencana pengembangan, dan usul penataan unit organisasi calon Fakultas dan Jurusan.
  2. Peraturan Menteri tentang Organisasi dan Tata Kerja Perguruan Tinggi yang masih berlaku.
  3. Kebutuhan Fakultas dan Jurusan ditentukan dengan menghitung beban kerja jumlah komponen pembentuk Fakultas dan Jurusan, yaitu Program Studi, Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Gedung.
  4. Rumus dan cara menghitung komponen pembentuk organisasi perguruan tinggi dapat dipelajari dalam Lampiran Permendikbud Nomor 139 Tahun 2014

Dengan dilaksanakannya visitasi lapang ini, maka diharapkan Program Studi Ilmu Keperawatan segera menjadi Fakultas keperwatan Universitas Jember sehingga Pimpinan berserta jajarannya berusaha untuk terus menerus memperbaiki kinerja Program Studi sehingga alumi dari Fakultas keperwatan Universitas Jember dapat diterima oleh masyarakat dan bisa bekerja sesuai dengan tuntutan pengguna jasa serta memiliki ahlak yang muliaā€¯ pungkas Salhefni selaku Ketua Tim.

Sedangkan ketua PSIK Ns. Lantin Sulistyorini. S.Kep.M.Kes  mengucapkan Puji Syukur kepada Allah SWT setahap demi setahap kami berproses langkah demi langkah kami perjuangkan dengan kesabaran, penuh keyakinan, semangat dan keikhlasan mengabdi untuk pengembangan Fakultas Keperawatan Universitas Jember semoga langkah kami yg berikutnya selalu di beri kemudahan dan kelancaran Terima kasih dan matur nuwun kepada Rektor dan jajaran pimpinan yg sudah mensupport  kami, team visitor kemenristekdikti, team dosen dan staf psik, BEM dan GPM Universitas Jember, BPM PSIK, Organisasi Profesi (PPNI), Asosiasi Ners ( AIPNI ) dan stakeholder Kami akan berlanjut ke tahap yg berikutnya Mohon support dan doa restunya. (satar)

2 thoughts on “SELANGKAH LAGI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER (PSIK) MENJADI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER

Leave a Reply