MAHASISWA PSIK RUTIN MENGADAKAN SEMINAR KLINIK MEDICAL BEDAH DI RSD.dr.SOEBANDI JEMBER

   

Jember 26 Januari 2017, Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember Tingkat Profesi pada stase Klinik Medical Bedah (KMB) secara rutin mengadakan seminar dari hasil praktek dimana mahasiswa yang melakukan praktek Keperawatan medikal bedah di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember karena sebagai cabang ilmu keperawatan juga tidak terlepas dari adanya berbagai perubahan, seperti teknologi alat kesehatan, variasi jenis penyakit dan teknik intervensi keperawatan. Adanya berbagai perubahan yang terjadi akan menimbulkan berbagai trend dan isu yang menuntut peningkatan pelayanan asuhan keperawatan. Berdasarkan fenomena diatas, mahasiswa PSIK tingkat profesi membahas Trend dan Isu Keperawatan Medikal Bedah serta Implikasinya terhadap Perawat di Indonesia.

pembelajaran Keperawatan Medikal Bedah sebagai bagian integral dari pelayanan  kesehatan mempunyai peranan penting dalam membantu mencapai derajat kesehatan yang optimal dengan mempertahankan status kesehatan individu, keluarga dan masyarakat pada tingkat yang paling tinggi. Bentuk profesionalisme keperawatan salah satunya ditunjukkan dalam pemberian asuhan keperawatan. Asuhan keperawatan merupakan pendekatan ilmiah dan rasional dalam menyelesaikan masalah keperawatan yang ada dalam bentuk praktek keperawatan profesional. 

Praktek keperawatan sebagai suatu pelayanan profesional diberikan berdasarkan ilmu pengetahuan, menggunakan metodologi keperawatan dan dilandasi kode etik keperawatan. Pada hakikatnya keperawatan sebagai profesi senantiasa mangabdi kepada kemanusiaan, mendahulukan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi, bentuk pelayanannya bersifat humanistik, menggunakan pendekatan secara  holistik, dilaksanakan berdasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan serta menggunakan kode etik sebagai tuntutan utama dalam melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan profesional.

Keperawatan medikal bedah merupakan salah satu bagian keilmuan dari profesi keperawatan yang fokusnya adalah mempelajari dan mengembangkan bagaimana memenuhi kebutuhan dasar manusia kepada usia dewasa baik sehat maupun sakit hal ini di buktikan dengan seminar rutin pada stase KMB di  Rumah sakit dr. Soebandi Jember dan pada stase ini ada 5 kelompok besar yang masing-masing ruang mengangkat judul yang berbeda dengan membedah jurnal keperawatan.

Adapun kelompok I membedah jurnal dengan judul “ Efektifitas afirmasi positif terhadap kecemasan penderita TB paru “  Kelompok II Asuhan keerawatan pada pasen BPH post op turp “ Kelompok III “ Diabetic foot screning for ulcer “ Kelompok IV Intergrative Review Of The literature Orghanopospate Poisoning “ Nursing Diagnoses And interventions dan kelompok V “ Innovation in prevention and treatmen of  Presure ulcer mendapat beberapa pertanyaan dan tanggapan baik dari audensi, Clinical Instruktur ( CI) dan Pembimbing akademik,Suasana Seminar sangat bagus masing-masing kelompok meberikan tanggapan yang beragam sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing (satar)

 

2 thoughts on “MAHASISWA PSIK RUTIN MENGADAKAN SEMINAR KLINIK MEDICAL BEDAH DI RSD.dr.SOEBANDI JEMBER

Leave a Reply