PSIK UNIVERSITAS JEMBER GELAR SUMPAH PERIODE III TAHUN 2016

  kembar-3

PSIK Unej, Kamis, 01/12/16 kembali mengangkat sumpah para perawat untuk menjadi perawat profesional dan benar-benar mengabdi kepada masyarakat.  Sebanyak 30 lulusan Program Profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember mengucapkan sumpah profesi dalam acara Angkat Sumpah Profesi Ners periode III tahun akademik 2016/2017. Prosesi Angkat Sumpah Profesi Ners yang berlangsung di Gedung Alumni Universitas Jember ini dipimpin langsung oleh Ibu Ns.Lantin Sulistyorini, S.Kep.M.Kes,selaku Ketua PSIK Unej.

Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan pengambilan sumpah ini merupakan tahap akhir dari perjuangan para lulusan sebagai perawat yang telah mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Oleh karena itu, sumpah tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab lulusan sebagai seorang perawat. Lebih lanjut, Lantin menyampaikan, seorang perawat harus memiliki tiga keahlian Apektif, Koknoti dan Psycomotor selain itu Ners baru harus mempunyai 5 kompetensi dasar kompetensi untuk, melakukan praktek sesuai dengan etika dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, menerapkan praktek keperawatan secara professional, menguasai manajemen dan kepemimpinan keperawatan, mengembangkan pendidikan dan penelitian, serta mengembangkan kualitas kehidupan professional maupun personal. “Setiap perawat yang praktek harus memenuhi standar potensial yang ditetapkan,”ungkapnya.

kembar-2

Sebagai Ners dan Alumni Universitas Jember harus memperhatikan tiga hal yakni, sikap sebagai pembelajar, pribadi yang komunikatif, dan insan yang berintegritas,” ungkap Drs. Zulfikar, M.Sc. Ph.D Wakil Rektor Unej dalam menyampaikan sambutan. Lebih lanjut disampaikan, seorang Ners wajib untuk selalu meningkatkan dan mengasah pengetahuan keterampilannya, seorang Ners harus mampu mengedepankan empati dengan pasien, klien dan mampu berinteraksi harmonis dengan sesama tenaga kesehatan lainnya, serta sebagai seorang Ners mutlak untuk senantiasa berpegang pada kode etik professional perlu kami sampaikan saya sebagai pribadi mewakili Rektor mengucapkan terima kasih kepada Ners baru karena kalian telah mampu menunjukkan bahwa PSIK Unej mampu bersaing dengan Universitas Besar itu bisa di tunjukan dengan perolehan nilai tertinggi secara nasional dalam ujian kompetensi, bahkan mampu meraih 100%. Lulus ujian Ukom. Saya juga menyampaikan bahwa tidak lama lagi PSIK akan menjadi Fakultas.

Dalam acara angkat sumpah ini jumlah Ners yang diambil sumpahnya sebanyak 30 orang Lulus dengan predikat terbaik dengan IPK 4.00, sebanyak 28 orang yg IPK dibawah 4 hanya 2 orang yaitu Melinda Puspitasari, S.Kep.Ners dengan IPK 3.89, dan Ika Mardiyah Bratajaya.., S.Kep.Ners dengan IPK 3.83.

Kegiatan Angkat Sumpah Profesi Ners periode III tahun 2016  ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, M.Sc. Ph.D, Para Dekan Fakultas, Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur, serta perwakilan CI rumah sakit, serta para orangtua dan tamu undangan lainnya.

kembar-1

Ada yang menarik dalam kegiatan sumpah sekarang yaitu adanya Lulusan Ners yang kembar  yaitu atas nama saudari :  Dewa Ayu Eka Candra Mertasari dan  Dewa Ayu Dwi Candra Yadnyasari  putri yang lahir 12 Juni 1993 pasangan dari  Bapak Anak Agung Gede Suteja dan Ibu I Gusti Agung Ayu Alit Mediani dengan alamat Jl. DAM Peraupan No. 3 Pegayungan Kaja Denpasar Bali .

Saya bangga menjadi alumni PSIK Unej dan saya akan mengabdi kepada masyarakat ujar keduanya sewaktu di tanya apa kesan kesanya selama kuliah di PSIK Universitas Jember  (satar)

Leave a Reply