PSIK Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia

img_20161015_07305015 Oktober merupakan hari yang diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia atau biasa disebut dengan Global Handwashing Day.

Dalam memperingati hal ini PSIK Unej memberikan pendidikan kesehatan kepada anak anak tingkat sekolah dasar. Sejumlah 80 anak yang merupakan siswa kelas 2 dan 3 Sekolah dasar Negeri 2 Sumbersari kecamatan Sumbersari, tampak ceria mengikuti serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh BEM PSIK Universitas Jember ini.

Acara ini bertempat di SDN 2 Sumbersari, dimulai dengan melaimg_20161015_073106kukan senam bersama, anak-anak tampak antusias dengan bersemangat. kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai kebiasaan mencuci tangan. sembari pemutaran video, anak anak diberikan penjelasan mengenai segala sesuatu mengenai cuci tangan. mulai dari pengertian cuci tangan, manfaat cuci tangan, bahaya jika tidak cuci tangan, momen-momen untuk cuci tangan, alat dan bahan yang digunakan untuk cuci tangan, sampai langkah-langkah cuci tangan yang benar dan sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh World Health Organisation (WHO) .

img-20161015-wa0020Dalam peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia kali in, Program Studi Ilmu keperawatan universitas Jember mengambil tema” Make handwashing a Habbit” , atau dalam bahasa indonesianya artinya menjadikan cuci tangan sebuah kebiasaan. tangan sebagai salah satu media penyebaran kuman yang dapat menjadi sumber dari berbagai macam penyakit, terlebih pada anak-anak. oleh karena itu, kebiasaan cuci tangan perlu ditanamkan agar menjadi sebuah kebiasaan. (m3tr0)

Leave a Reply