PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER MENGADAKAN INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA ELEKTRONIK

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember secara terus menerus berusaha semaksimal mungkin salah satunya mengadakan Workshop Implementasi Pemanfaatan Media Pembelajaran tahun 2016 yang bertempat Ruang Kelas 6. Workshop yang dikhususkan untuk Dosen dan Teknisi diikuti oleh seluruh Dosen dan Teknisi, yang terbagi menjadi 2 hari dimulai pada hari ini (sabtu , 12/08/16).

10Workshop yang dimulai pada pukul 08:30 WIB. dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember  Ns. Lantin Sulistyorini.S.Kep.M.Kes. Selain membuka secara resmi acara Workshop Implementasi Pemanfaatan Media Pembelajaran, beliau juga memberi arahan serta sambutan sekaligus sebagai peserta.

“Kami berharap Bapak Ibu dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember untuk mengembangkan media pembelajaran dengan lectora,

namun kami berharap Bapak Ibu menggukan media yang sudah tersedia untuk proses pembelajaran. Syukur-syukur Bapak Ibu mau membuat media pembelajaran sendiri, dan di upload ke sister sehingga bisa digunakan utuk proses pembelajaran.” Ungkap Lantin dalam sambutannya.

Apa itu  Lektora ?

Trivantis

Lectora adalah alat pengembangan pembelajaran elektronik (elearning) , juga dikenal sebagai perangkat Lunak  authoring, dikembangkan oleh Trivantis Corporation.  Lectora  digunakan  untuk membuat pelatihan online penilaian, dan presentasi. Hal ini bisa digunakan untuk konversi dari presentasi Microsoft  power Point ke konten  elearning.

Konten yang dikembangkan dengan Lectora authoring softwaredapat di pubiklasikan ke berbagagai output sepetri HTML, Single File executable,  dan CDROM.  Konten Lectora   kompatibel dengan standar industri elearning, seperti SCORM  (Sharable  Konten Obyek Referensi Model) dan AICC (Komite Pelatihan  Berbasis Komputer  Industri Penerbangan).  Selain itu, Lectora kompatibel dengan sistem manajemen  pembelajaran  berbasis  standar  (LMS) dipasar.

Lectora juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan  berbagai file  multi media  untuk membuat konten lebih menarik.

32

Kegiatan Workshop Implementasi Pemanfaatan Media pembelajaran tahun 2016 dilaksanakan selama 2 hari. Setiap hari terdiri dari 30 orang dan dilaksanakan Teori serta Workshop (Bimtek) kemudian peserta praktek serta  untuk evaluasi perlaksanaan praktek.

Dalam sambutannya, Lantin menyampaikan “Tujuan kami melaksanakan Workshop ini adalah meningkatkan kualitas dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember dan Mengenalkan layanan serta program kerja Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember tahun 2016. Kami menghimbau kepada Bapak Ibu dosen untuk memanfaatkan produk media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember “

Dalam workshop para peserta dibagi menjadi beberapa tim untuk membuat ide pembuatan media pembelajaran. Masing-masing tim diberikan waktu selama satu jam untuk mendiskusikan tentang ide pembuatan media pembelajaran yang selanjutnya akan dituangkan dalam media kertas. Setelah acara diskusi selesai para peserta workshop kemudian mempresentasikan idenya kepada peserta lain. Acara workshop ini berakhir pada pukul 16.00 ditandai dengan penutup dari MC dan sesi foto bersama.(satar)

19

                                                                

Leave a Reply