BAKTI SOSIAL DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA (PSLU) PUGER

BAKTI SOSIAL DI PANTI SOSIAL LANJUT USIA (PSLU) PUGER

IMG-20160728-WA0007Pengadaan bakti sosial untuk lanjut usia merupakan suatu proker kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di bawah Kementrian 2 bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Social Nursing Club (SNC) membentuk panitia yang disebut panitia gerontik. Pengadaan bakti sosial ini dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Sedunia pada tanggal 29 Mei yang dikemas dalam suatu rangkaian Dies Natalis Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember yang ke-11 pada tanggal 21 Juli 2016 di PSLU Puger, Jember. Kegiatan ini merupakan Program kerja  (proker ) nyata BEM yang pertama kali dilakukan untuk memberikan apresiasi pada lansia yang mandiri, memberikan semangat dan hiburan yang mendukung kognitif mereka.

IMG-20160728-WA0002Panitia yang menyusun kegiatan ini diketuai oleh mahasiswi semester 4 yaitu Dewi Wulan Pratiwi yang dibantu oleh rekan-rekan panitia sejumlah 20 orang. Panitia sudah mempersiapkan konsep acara sejak awal bulan Juni di saat Ujian Akhir Smester dengan 3 kali rapat tatap muka dan selama liburan netmeet melalui WhatsApp. Acara yang dikonsep oleh panitia yaitu senam lansia yang dipandu oleh perawat PSLU, acara hiburan seperti mini game tiup balon, joget balon, menyanyi dan pemeriksaan kesehatan gratis yaitu pemeriksaan gula darah dan asam urat, serta pemberian baksos berupa barang yang diwakili oleh pihak bimbingan pelayanan PSLU Puger.
Kegiatan ini mendapat apresiasi dari dosen kita bagian departemen komunitas, yaitu Bu Hanny Rasni, S. Kep, beliau mewakili dosen-dosen untuk hadir yang jarak tempuh perjalanan Jember ke Puger sekitar 1 jam. Beliau bangga dengan program kerja pertama BEM sangat membantu membangkitkan semangat dan keceriaan lansia. Pesan beliau hanya perlu meningkatkan konsep acara ke lansia yang partial dan total care, mereka juga sangat membutuhkan ulur tangan kita. Hal tersebut menjadi bahan evaluasi panitia untuk di kepanitiaan selanjutnya.

IMG-20160728-WA0012“Saya sangat bangga dan berterimakasih dengan acara yang adik-adik buat. Terutama dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis sangat membantu kami pihak PSLU”, ujar Bu Eni Tri selaku ketua bagian bimbingan pelayanan yang mewakili sambutan dari pihak PSLU. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh apresiasi dari pihak mahasiswa yang membantu menyumbangkan dana terkumpul sejumlah Rp 750.000, dari pihak staf dan dosen yang menyempatkan mewakili dan mengikuti acara gerontik bakti sosial, dan pihak PSLU Puger yang begitu antusias membantu acara kepanitiaan ini, mulai dari mengumpulkan lansia-lansianya sebanyak 60 orang, dan mengatur tertibnya acara, serta Allah SWT yang membantu jalannya acara kami hingga sukses dan memberikan senyum buat lansia-lansia hebat. (m3tr0)

Leave a Reply