lantin-psik-unej

Pendidikan Keperawatan UNEJ : Menuju Ners Profesional dengan Sentuhan Empati Dalam Asuhan Keperawatan Komunitas

Pendidikan Keperawatan UNEJ

Menjelang Hari Ulang Tahun yang ke 11 bulan Juli 2016 Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember (PSIK UNEJ), terus meningkatkan performanya sebagai institusi pendidikan keperawatan yang melahirkan sarjana dan ners yang terpercaya bagi masyarakat. Hal ini diutarakan oleh Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas, Ns. Lantin Sulistyorini.S.Kep.M.Kes. “Pendidikan keperawatan di PSIK UNEJ memiliki kekhasan berupa melahirkan lulusan yang selain professional, juga memiliki sentuhan empati dan berbasis pada asuhan keperawatan komunitas dengan menghasilkan lulusan ners yang mampu bersaing di tataran global., “tuturnya. Ditambahkannya, saat ini PSIK Unej didukung oleh 4 Kandidat Doktor dan 26 Magister / Master yang kompeten di bidangnya di mana diharapkan mampu memfasilitasi para mahasiswa untuk mencapai tujuh kompetensi utama keperawatan, yakni mampu berkomunikasi secara efektif, menerapkan aspek etik dan legal dalam praktek keperawatan, melaksanakan asuhan keperawatan professional di klinik dan komunitas, mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen perawatan, menjalin hubungan interpersonal dengan klien dan tim kesehatan yang lain, melakukan penelitian sederhana dan menerapkan hasil penelitian  serta mampu mengembangkan profesionalisme secara terus-menerus atau belajar sepanjang daur kehidupan.

Lantin Sulistyorini

Ns. Lantin Sulistyorini.S.Kep.M.Kes.

Untuk mencapai performa tersebut, saat ini PSIK Unej telah mendesain kurikulum berbasis kompetensi dengan Pengantar Kesehatan Pendidikan Profesional , Pembentukan karakter, ilmu dasar dalam keperawatan , Dasar-dasar Keperawatan I , Epidemiologi dan biostatistik, Keselamatan dan Kenyamanan , peminatan Gizi , Dasar-dasar Keperawatan II , cairan dan elektrolit , Spiritualitas , Sirkulasi dan oksigenasi , Seksualitas dan reproduksi , persepsi sensorik , Istirahat dan aktivitas , keperawatan kesehatan , Manajemen Bencana , peminatan II , keperawatan kesehatan mental , terapi komplementer , penelitian keperawatan, Komprehensif I , Kepemimpinan dan kewirausahaan , Kritis dan darurat keperawatan, Komprehensif II dan skripsi untuk menjadi sarjana keperawatan. Selanjutnya, para sarjana keperawatan untuk mendapat derajat profesi ners, mengikuti pendidikan keprofesian yang meliputi keperawatan dasar, jiwa, medikal bedah, anak, maternitas, gawat darurat, keluarga, gerontik, komunitas dan manajemen keperawatan.

Lantin juga menjelaskan bahwa PSIK Universitas Jember saat ini menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang berbasis pada kebutuhan masyarakat akan asuhan keperawatan dalam bentuk pendidikan akademik dan profesi secara professional dengan penekanan ciri utama pada asuhan keperawatan komunitas, selain itu penelitian semua aspek ilmu keperawatan serta mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, tidak kalah pentingnya dalam pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud dalam pengembangan keilmuan dan mengaplikasikan asuhan keperawatan komunitas dalam bentuk pendidikan dan pelayanan kesehatan secara nyata dan berkelanjutan.

PSIK Universitas Jember  merupakan Institusi Pendidikan keperawatan yang Empaty, Peduli, tanggap dan berperan aktif  dalam setiap permasalahan kesehatan/ keperawatan yang berkembang dalam lingkungan masyarakat serta membina dan mengembangkan jaringan kerja sama dengan lembaga-lembaga guna pengembangan keilmuan dan pemanfaatan lulusan.

PSIK Universitas Jember mempunyai tujuan yang mulia adalah Menciptakan lulusan Ners yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan, dan sikap keperawatan yang professional yang mampu melaksanakan pendidikan akademik profesi keperawatan secara akuntabel sesuai kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, khusunya pelayan dan atau asuhan keperawatan dasar sampai dengan tingkat kerumitan tertentu secara mandiri kepada individu, keluarga, dan komunitas berdasarkan kaidah kaidah keperawatan.

PSIK Universitas Jember secara terus menerus mengembangkan diri untuk meningkatkan kemampuan professional serta tetap memelihara dan mengembangkan kepribadian serta sikap yang sesuai dengan etika keperawatan dalam melaksanakan profesinya ujar Lantin.

PSIK Unej sendiri berlokasi di Kampus Universitas Jember Jl.Kalimantan N0 37 Kampus Tegal Boto Jember.  Memiliki 2 Gedung masing masing 3 lantai yang terdiri ruang Dekanat dan  7 ruang kuliah, 5 ruang laboratorium (Maternitas Anak, Keperawatan Jiwa & Komunitas, Medikal Bedah & Gawat Darurat serta Dasar Keperawatan), PSIK Unej sampai saat ini tercatat telah enam belas kali menyelenggarakan angkat sumpah profesi ners di mana lulusannya telah berkarya sebagai praktisi kesehatan yang dapat diandalkan. (satar)

Leave a Reply